SOFTSKILL AKUNTANSI INTERNASIONAL (KELOMPOK)

 

Kelompok 3 : 4EB18

  • Santy Anggraeni
  • Siti Rahayu W
  • Komalasari
  • Ajeng Dwi U
  • Azis

Tugas Softskill Kasus 3

 

  1. Gambarkan masalah yang diilustrasikan dalam kasus ini !

Jawab :

Permasalahn etika di republik ceko yang mengakas selama 40 tahun dibawah sebuah sistem korupsi. Dibawah naungan komunis, semua pengaruh serba politik sehingga korupsi tidak bisa diredam. Etika di republik ceko menggantung pada pasar dan kurang transparasi banyak manajer yang melupakan sikap mereka pada tahun 70-an dan 80-an dibawah komunisme kerahasiaan, bukan transparasi adalah semboyan mereka tidak berfikir pentingnya supaya investor terus memperoleh informasi. Mereka dikejutkan dalam sebuah ekonomi pasar dan tiket privatisasi telah disobek dengan skandal. Tetapi menurut Jiri Michalik, seoraang perantara dengan Habova Securities mengatakan “semuanya menjadi lebih baik, perusahaan ceko akhirnya menyadari bahwa mereka harus memberi tahu investor apa yang akan mereka masuki jika mereka menarik lebih banyak penanaman modal.

 

  1. Apa kemungkinan penyebab dari semua masalah ini !

Jawab :

Etika manager yang tidak transparasi kepada para investor, sebagian besar manajer tidak berpengalaman dalam menyusun dan menyebarkan informasi keuangan mereka, sehingga terjadinya korupsi tidak bisa diredam.

 

  1. Apa akibat dari semua permasalahan ini bagi investor, perusahaan Ceko, dan bursa saham Prague !

Jawab :

Karena adanya kebiasaan keras kepala untuk menutupi informasi keuangan, perusahaan Ceko ditinggalkan rival mereka, yaitu Hungaria dan Polandia dalam keadaan tidak bersih. Investor yang berinvestasi di perusahaan Ceko tidak dapat memperoleh informasi dan membuat investor berpikiran bahwa manajer perusahaan di Ceko telah berbuat kecurangan. Selain itu, karena adanya kerahasiaan dari perusahaan Ceko, membuat bursa saham Prague tidak dapat memperlihatkan adanya kenaikan modal perusahaan yang membuat investor tidak dapat memperoleh apa yang mereka butuhkan atau mereka mendapatkan terlambat.

 

  1. Tuliskan sebuah program perubahan yang yang dibutuhkan untuk memecahkan permasalahan tersebut !

Jawab :

  • Melakukan evaluasi terhadap Sistem Pengendalian Internal perusahaan, hal ini dilakukan untuk mengevaluasi kelemhan dan kelebihan dari kinerja perusahaan tersebut. Dalam hal ini, membutuhkan seorang manajer yang mampu menyusun dan melaporkan segala informasi yang berhubungan dengan perusahaan yang berguna dan dibutuhkan oleh investor maupun perusahaan itu sendiri.
  • Merubah kebiasaan yang telah mendarah daging di Ceko dengan membuang sikap privatisasi dan membuang semboyan kerahasiaan dan bukan tranparasi. Dengan adanya peraturan yang memiliki sanksi atas pelanggarannya, maka dan meminimalisir ketergantungan Ceko terhadap kebiasaan keras kepala.

Tinggalkan komentar